Senin, Mei 26, 2008

Tentang Radiasi Optical Mouse

"Kenyamanan optical mouse ternyata mempunyai efek samping yang berbahaya. Tiga tahun semenjak peluncuran pertama optical mouse oleh microsoft, telah ditemukan ribuan kasus kelainan pada jaringan tangan akibat radiasi yang dipancarkan mouse. Optical mouse bekerja dengan memancarkan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi ke permukaan di bawahnya. Frekuensi yang digunakan jauh lebih tinggi dari pada pada handphone."

Mungkin sudah pada sering baca tulisan itu ya? Dari hasil konsultasi dengan mbah google dengan keyword "radiasi optical mouse", ternyata banyak temen2 blogger yang meng-kopi-paste artikel itu, misalnya:
1. sono
2. sini
3. situ
4. sana
5. itu
6. inu
7. iku
8. itutuh
9. ini
10. dia
11. dikau
12. inidia
Namun sayangnya hanya sini dan ini dan inidia yang menyebutkan sumber tulisannya.

he he he dan ha ha ha malah membuat artikel tersebut sebagai contoh "hoax" dengan ulasan yang mirip. Entah itu artikel betulan hoax ato kebetulan saja, tidak tahu juga.

Bagus juga infonya dan mungkin bermanfaat bagi kita semua. Namun apakah etis kita mengkopi paste tulisan orang begitu saja? Kalo tulisan saya yang dikopi paste mungkin yang saya rasakan adalah bangga dan seneng karna ada yang mau meliriknya, tapi apa orang lain juga merasakan hal yang sama. Mungkin kita punya pendapat masing-masing tentang itu. Tetapi secara ilmiah, bukankah kita tidak dibolehkan menjiplak karya orang tanpa ijin. Bahkan mempublikasikan karya yang sama pada lebih dari satu media massa dianggap melanggar kode etik pers. Paling tidak dimodifikasi sedikitlah tulisan itu untuk menunjukkan kreatifitas kita.

Bukan maksud saya menuduh temen-temen sebagai penjiplak ato tukang kopas, hanya kebetulan aja blognya oleh mbah google dirujuk dihalaman pertama dan seterusnya. Masih lebih banyak kok karya temen-temen yang orijinal. Ini terutama lebih untuk mengingatkan saya agar menghargai hasil karya jerih payah orang lain, minimal dengan menulis sumbernya. Maaf kepada semua teman2 yang saya kutip karyanya. Ini hanya sekedar uneg2 tidak penting, boleh percaya ato tidak.

17 komentar:

namaku wendy mengatakan...

hihihi iyah saya percaya koq mas'e soal'e juga pernah nemu gitu deh, dkembalikan lagi pd individu masing2,tanyakan pd hati masing2 kan udah pd gede2, masa gitu aja perlu (harus)diajarin lg, gak kali hehehe;p

Jeng Lyla mengatakan...

Terima kasih atas kritikan Anda dan semua tulisan saya tidak hanya COPAS. Kalo postingan saya tentang mouse itu memang saya lupa menulis sumbernya krn sudah keburu ngatuk jam 4 pagi. Dan biasanya saya tidak lupa mencantumkan sumbernya. Saya juga tidak bangga kalo postingan saya cuma meng-copas. TOLONG ANDA LIAT LAGI POSTINGAN SAYA YG LAIN SELALU ADA SUMBERNYA DAN TIDAK SEMUA COPAS dan Maaf saya lupa untuk menambahkan tulisan "Sekedar untuk berjaga-jaga, tolong teruskan pesan ini kepada teman2 anda. Saya tanpa ada maksud untuk menjiplak atau mencuri hasil karya orang lain. Saya hanya sekedar meneruskan info ini dari e-mail yang saya dapat" Terima kasih dan maaf kalo komentar saya kurang berkenan.

Didiet mengatakan...

Mas Arif aku agak gk setuju dgn artikel mas,yah bener nama2 yg mas tulisan copas,tapi kenapa mesti mas tliskan namanya apa mas arif gk sadar betapa malunya yg punya blog,gara2 artikel mas bisa jadi bnyak blogger yg baca blognya berpikiran artikel diblognya copas...Sekian kritiknya

Jeng Lyla mengatakan...

SAYA MINTA ANDA KLARIFIKASI DAN TIDAK PERLU MEMPERMALUKAN SAYA DGN MENULISKAN NAMA SAYA PALING ATAS. SAYA SADAR KOK ITU BUKAN TULISAN SAYA.

new information mengatakan...

wah... wah... ternyata sekarang persatuan para blogger udah payah nih. Saya sebenarnya juga setuju dengan pendapat Anda, tapi yang saya tidak setuju dengan menyebutkan beberapa blog yang menjiblak artikel Anda. Mungkin saja mereka lupa menaruh sumber atau mereka jiblak dari artikel blog yang lain yang telah menjiblak artikel Anda atau juga bisa saja mereka dapat dari E-mail mereka. Jadi saya sarankan kita para blogger Indonesia bisa saling bersatu dan membantu dengan memberikan posting artikel yang bermanfaat bagi kita semua

rumah lina mengatakan...

Wah mas kalo baca artikel yang seperti itu bagi para peblogger yang juga milister sudah biasa.. rasanya kadang email yg beredar jg sdh ga jelas sumbernya dari mana, karena forward berulang kali ... istilahnya sudah mirip ANONIM ... jadi kl para peblogger yg notabene tukang nongkrongin milis ga bakalan protes dahh tau sama tau aja..Jadi kalo toh akhirnya mesti nulis sumber.. darimana sumber yang bener dong, ato kalo anggapan anonim milik publik????
Jadi sebaiknya gak perlu dibesar2kan untuk artikel2 yg sudah blurrr sumbernya, kasian yg cuma pengen bagi2 info...

Nara mengatakan...

Halo salam kenal ya.Wah pada ngomongin postingan nih dan jiplak menjiplak..?!?!hehehe..saya ga memihak siapapun dalam hal ini.Mungkin hanya kesalahpahaman saja diantara yg bersangkutan dan yang berkaitan.Saling koreksi dan saling membantu sesama blogger mungkin lebih bermanfaat daripada saling menjatuhkan dan mencaci maki antara blogger yg satu dgn yg lain.Jangan saling serang dan tuduh tanpa ada bukti dan dasar yang kuat,dan berbesar hati juga jikalau kita mempunyai kesalahan, yg lebih indah lagi bila kita bs memaafkan kesalahan orang laen.Semoga bs dijadikan pembelajaran jg bagi kita semua.Salam Blogger.Keep blogging dan terus berkarya!!!

Bunda Nayla mengatakan...

Wah...itu sih udah biasa mas dalam dunia . Ndak apa2 kan tujuannya juga untuk memberikan informasi kepada orang lain. Gak udah dibesar2kan! Keep Smile for All blogger.

Indah mengatakan...

ini mas kan?urusan menjiplak dari jaman SD udah banyak..gak guru,murid, petinggi semua menjiplak...gk usah dibesar2in gt...menjiplak itu wajar selagi memberi informasi bukan merugikan org laen.Lagian dimana ada informasi yg bisa didpt..gk masalah kan? mau di blog org,mau di sumbernya,madu dikoran...dmn bs dibaca..so what gt lhoo..
apalagi pake nyantumin nama org laen...nah itu kan bikin masalah lg.ngeblog saling memebri informasi bukan saling menjatuhkan.
thx..di ralat ya...biar gk ada yg tersinggung

Lyla mengatakan...

KALO ANDA MEMANG BERNIAT BAIK ANDA TIDAK PERLU MENCANTUMKAN URL DI INISIAL TERSEBUT. SAYA YAKIN ORG ITU JG SADAR KOK. ANDA SAMA SAJA TIDAK MEMPERBAIKI NAMA BAIK ORG TERSEBUT KRN MASIH ADA LINK URL DARI BLOG YG ANDA KASIH INISIAL. SAYA YAKIN ORG LAIN JG AKAN TERSINGGUNG DGN POSTINGAN ANDA. APALAGI ANDA TANPA PERMISI IJIN MAIN SELONONG AJA KRITIK ORG DAN ORG TERSEBUT TIDAK KENAL ANDA SAMA SEKALI.

Mike.... mengatakan...

yah secara aq jg pernah diomelin orang gara2 lupa mencantumkan link sumber,padahal namanya udah kusebutin di postingan. terlebih lagi aq ga copy paste,cuma ngambil beberapa poin 2 penting aja.tapi untunglah masalah ga sampai jadi besar.betul kata-kata komentator sebelumnya,janganlah kita walaupun kecewa trus kita membuat uneg2 seperti ini. saya juga menghargai kekesalan mas tapi juga tidak etis langsung menghakimi seperti ini.mohon bagi kita semua untuk sama-sama belajar dari kesalahan masing2..go blogger indonesia!!

Arip mengatakan...

Waduh, baru kali ini ada komentar sekian banyak di sini. Kepada
mbak Wendy: selamat anda juara satu tuk komentar yg pertama.
Jeng Lyla: makasih, saran anda saya ikuti semua.
mas Didiet: Ok banget kritiknya, thanks.
New info, Lina, Nara, Bunda Nayla & Indah: Sory & maaf, saya memang harus banyak belajar.
bang Mike: Klarifikasi sudah saya kirim kpd yg bersangkutan, masak masih ada bau menghakimi?

Mike.... mengatakan...

syukurlah kalo klarifikasi udah berhasil meredakan ketegangan. so,kita ambil sisi positifnya aja, yaitu kita semua masih perlu banyak belajar dan punya pengalaman jika hal seperti ini terulang lagi..sip,mas!!!keep blogging!!!

Ayu Ambarsari Hanafiah mengatakan...

tradisi copas.. menurut saya sah2 aja, yah asal dimuat sumbernya..

trusss saya juga setuju kalo sesuatu itu di copas kalo banyak manpaatnya dan harus disebarluaskan..

hidup blogger family :)

Pascal mengatakan...

Hehehe.... Sory baru bales! Maklumlah gak punya duit gitu! Pagi juga mas! Wew makin rame aja nih, salut deh!!! Link-ku dah dipasang ternyata, thanks!!

Memang mengasyikan copy paste itu yah hehehe.....

uud mengatakan...

Wah, bikin rusuh aja nie postingan. kalo mentang2 isi posting sendiri, ngga usah sombong deh. lagian yang copas ngga selamanya buruk kok.

Gimson mengatakan...

duh, padahal hoax ... :P

begitu mudahnya memforward tanpa melakukan cross check.

copy paste belum tentu njiplak. tapi bahan yg bagus untuk menaikkan gengsi blog ini ... hehehe ... trik ala roy suryo.