Senin, Maret 02, 2009

Rindu Rasul

Ketika pulang kampung kemarin, trenyuh rasa hati ini mendengarkan suara bacaan Berjanji berkumandang bersahut-sahutan di masjid-masjid dan musholla dekat rumah. Ramainya suara anak kecil berebut mik untuk meneriakkan sholawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW diiringi suara rebana bertalu-talu menambah rasa haru di dada.

Memang saat ini bertepatan dengan bulan Rabiul Awal 1430 Hijriyah atau biasa disebut bulan Mulud oleh orang jawa. Dan kebetulan lagi tanggal 12 Rabiul Awal tahun ini bertepatan dengan hari Senin, pas bener dengan hari lahir Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Orang-orang kampungku biasanya mengadakan barjanji mulai tanggal 1-12 Mulud atau biasa disebut
Muludan. Bacaan barjanji sendiri merupakan bacaan puitis yang intinya merupakan ekspresi pernyataan cinta kepada Kanjeng Nabi Muhammad.

Duh mengapa di belantara ibukota ini, aku merasa merana karena tidak banyak menemukan dan mengungkapkan rasa cinta dan rindu kepada junjungan kita Rasul di akhir zaman…

2 komentar:

Assalamu'alaikum Dunia! mengatakan...

Makasih,ya komentarnya.Ngomong-ngomong tahu alamat blogku dari mana?maaf juga aku tidak bisa memberi coment apa-apa.Sekali lagi makasih,ya!

Unknown mengatakan...

pindah kos/omah deket masjid2 yg biasa didatangi majelis rasulullah, majelis nurul mustofa. biasanya di kawasan cilandak, buncit, mampang, kemang.

pokoke sing akeh wong mbetawi. ning daerah utara koyo cilincing, priok yo rame kok muludan.