Rabu, Februari 18, 2009

Jepara Cyber Country

Pada tau gak disebelah ini gambar apa? Yak, itu tak lain dan tak bukan adalah antena penangkap sinyal hotspot. Sekitar pertengahan tahun lalu pemkab Jepara berbaik hati menyediakan internet gratis yang dikelola oleh Jepara Cyber Country. Bahkan sinyalnya masih bisa ditangkap sampai dengan jarak 3 kilometer dari lokasi hotspot, meskipun perlu antena penangkap sinyal. Meskipun agak lemot tetep aja lumayan, namanya gratisan. Jadi jangan heran kalo di Jepara banyak warung sego kucing ato angkringan yang menyediakan free hotspot memanfaatkan fasilitas itu, jadi miriplah warung wetiga di Jakarta.

Untuk membuat antena penguat sinyal butuh dana kira-kira Rp350.000,- yang digunakan untuk beli USB wifi, antena TV ato sejenisnya, dan kabel LAN secukupnya. Cara buatnya itu USB wifi taruh dalam kaleng atau pralon biar gak kehujanan, lalu sambungkan dengan antena dan pasang kabel LAN untuk disambungkan ke komputer, cara lengkapnya bisa dilihat disini. Kalo masih belum bisa ato ada yang belum jelas, tanya aja langsung ke forumnya Jepara Cyber Country. Nah kalo antenanya sudah jadi taruh aja ditempat yang agak tinggi, di atas genteng, ato nebeng antena TV yang sudah ada. Oiya, jangan lupa setting dulu komputernya, caranya lihat aja disini.

Tenkyu berat buat pemkab Jepara...

6 komentar:

Quinie mengatakan...

huaaaa serunya... tapi kenapa kota saya susah banget nyari hotspotan kalo ga di cafe yang maaahhhalll *tapi enak2 makanannya*. Salam kenal ya. Makasih udah mampir. Btw, OB g amenyebabkan mutasi kok pada manusia, kecuali kalo ada yang gokil mo nyoba bunuh diri minum ob tapi ga berhasil :p

Aya mengatakan...

hua..haa.haa... yg namanya gratisan siapa sih yg gak mau...
di kotaku lumayan bnyk jg hot spotan gitu, tapi lemotnya itu loh..(doh)

salam kenal ya rip ^_^

Tukang Nggunem mengatakan...

Wah asik juga punya pimpinan yang paham teknologi, Jepara memang harus ditebari hotspot..sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mensuport kerajinan ukirnya yang telah lama mendunia namun sekarang mulai meredup, kali aja dengan banyak koneksi internet para perajin bisa memasarkan produk2nya lewat internet, itu juga pasar buat orang2 yang paham ngoprek web, kan bisa jualan jasa bikinin web juga. Jadi Pemkab Jepara benar2 membuat gebrakan yang sangat bermanfaat bagi masyarakatnya.

Walah, komen saya kepanjangan, maapken..hehehe... makasih udah mampir ke blog abal2 saya, salam hangat selalu

Mbah Koeng mengatakan...

waduh mau dong kalo gratisan...!!!!!!

akunamasao mengatakan...

apakabar pak?..
lumayan sih.. samasama lemod, tapi lebih mending daripada kwarnet!hehe

kemaren balik, juga sempet njajal HOTSPOT area dialun² hihi..

chymenkspeed mengatakan...

boz karyaku kok hanya di hargai 350 pa gak ke mahalen