Kamis, Februari 05, 2009

November di NTT

November kemarin aku ke NTT tepatnya di kota Kupang, sampai saat ini merupakan jalan-jalanku paling jauh ke arah timur. Setelah lima jam perjalanan dari jakarta dan sempat transit di Surabaya, akhirnya menjelang tengah malam waktu setempat sampai juga aku di bandara El Tari. Nama El Tari diambil dari salah satu Gubernur NTT yang sangat populer. Beliau terkenal dengan program pembangunan NTT yang dirumuskan dalam lima tujuan, tiga tekad dan tiga keyakinan.

Bulan november di NTT terasa sangat panas dan kering, AC mobil dan gedung seakan kehilangan fungsinya untu menyejukkan udara. Dibeberapa tempat memang terjadi kekeringan, bahkan air di bendungan Tilong menyusut drastis, bahkan untuk mandi di hotel tempat saya menginap mesti menunggu air dari truk tangki. Kabarnya di rumah dinas gubernur NTT ada kolam renang ukuran olimpiade yang selalu penuh air melimpah ruah, namun tentu saja hanya kalangan tertentu yang bisa menikmatinya. Meskipun program penghijauan sudah mulai berjalan dan sebagian jalan utama kota Kupang tampak rimbun oleh sejenis pohon trembesi, masih belum mampu meredam panasnya kota Kupang.

Meskipun di NTT agama Islam termasuk minoritas, namun tidak usah khawatir tentang makanan. Di kota Kupang banyak orang jawa dan orang padang menjual makanan dengan harga yang tidak jauh beda dengan di Jawa, baik untuk restoran maupun warung tenda kaki lima. Laut NTT kaya akan sumber laut, namun yang banyak menikmati hasil lautnya adalah warga keturunan Bugis, warga asli NTT lebih banyak yang bertani dan beternak sapi. Karena itu harga daging sapi dan produk olahannya lebih murah dari harga di Jawa, tentu saja gak lengkap pulang dari NTT tanpa bawa oleh2 abon & dendeng daging sapi.

4 komentar:

BIG SUGENG mengatakan...

Jalan-jalan yaa Boss ke NTT
apa tugas kantor sambil jalan-jalan

namaku wendy mengatakan...

jalan-jalan terus neh, asik yak hehehe

wyd mengatakan...

kenapa ga dijadikan beberapa tulisan? pasti banyak hal menarik tentang NTT. tentang kotanya, masyarakatnya, atau mungkin tentang makanannya. yang terakhir pasti sedap...

Arip mengatakan...

Thanks sarannya...
Maunya kayak gitu, tapi susah mau nulis yang panjang, rapi tapi konsisten dengan temanya. Maklum newbie, tapi bolehlah dicoba.