Rabu, Agustus 20, 2008

17 Agustus 2008

Agak telat yah nulis tentang 17an, tapi ndak apa-apalah daripada tidak. Peringatan 17an tahun ini istimewa sekali, karena 17an kali ini bertepatan dengan hari Nisfu Sya’ban dan gerhana bulan. Jadi semaleman penuh ada lek-lekan (begadang) untuk memperingati tiga acara itu.

Di kampungku, Nisfu Sya’ban yang berarti pertengahan bulan Sya’ban ato tanggal 15 bulan Sya’ban yang oleh orang Jawa biasa disebut dengan bulan Ruwah diperingati dengan membaca surat Yasin 3kali dimasjid dan musholla secara berjamaah. Setiap selesai membaca Yasin dipanjatkan doa, setelah itu ditutup dengan tausiyah yang isinya seputar faedah Nisfu Sya’ban. Terakhir dan yang paling ditunggu-tunggu, ibu-ibu membagikan kue Bongko yang terbuat dari tepung beras diisi gula merah dibungkus daun pisang. Setelah itu anak-anak keliling kampung dengan membawa lampion atau obor bambu dan yang agak gede main sepak bola api, macam hellowennya amriklah. Begitulah suasana di kampungku Saripan Jepara, sebuah kota kecil di pesisir utara pulau Jawa, cuma sayang tahun ini ndak banyak yang jualan lampion karena pada mremo julan bendera.

Menjelang jam 3 pagi, berkumandang suara istigfar dari masjid dan musholla untuk mengajak orang-orang melaksanakan solat gerhana. Baru ingat aku kalo sholat gerhana rukuknya dua kali setiap rekaatnya, maklum aja pemales. Lama juga gerhananya, aku ketiduran, jadi gak bisa melihat sampai habis.

Peringatan malam 17an berlangsung khidmat seperti biasa, ada renungan 17an, pembacaan doa dan panggung hiburan. Nah, pada tanggal 18 Agustuslah peringatan 17an yang paling rame karena dari pagi sampe sore ada acara karnaval. Pagi hari ada karnaval sepeda hias, siang harinya karnaval mobil hias, dan sore harinya ada karnaval jalan kaki yang paling meriah.

Macem-macem deh tingkah peserta karnaval, ada wayang orang naik sepeda
ada yang naik sepeda sambil merem, yang pake topeng, dan ada yang demo anti polusi

tua muda ikut semuapramuka juga
penonton tumplek bleg memenuhi jalandan ada pedagang minuman makanan yang jualannya habis.
Hari merdeka hari gembira…

7 komentar:

namaku wendy mengatakan...

laaa koq potoku gak ada mejeng dsitu mas hehehe;p

Arip mengatakan...

@wendy
Lho bukannya yang jadi buto cakil itu kamu???

data mengatakan...

HWEK... ONO MONYET NAIK SEPEDA... he..he..
www.masenchipz.com

vivi alviyanti mengatakan...

WADUHHPIYEE MAS SHOROMMME BAPAKMBOKPOTO IKU GAMBAR BRAK NGONKU HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHSENG ONO PATUNGN JARANE IKU LOOOO

9itA mengatakan...

kok Njeporone raaa kethok to Mas??????????????????

9itA mengatakan...

kok Njeporone raaa kethok to Mas??????????????????

Arip mengatakan...

@9ita: kan ada logo jepara buat topeng..