Selasa, Desember 09, 2008

Ada Sate Srepeh di Rembang

Kemarin pas lebaran haji aku mudik ke Jepara, tapi sebelum itu mampir dulu ke Rembang dua hari. Selama ini makanan khas Rembang yang terkenal (yang aku kenal) kan lontong ayam tuyuhan, nah kali ini aku nyobain sate ayam srepeh. Satu porsi sate ayam srepeh biasanya dilengkapi dengansatu piring nasi putih dengan sayur tahu dengan irisan cabe rawit, sementara satenya disiram bumbu merah dengan rasa rempah-rempah yang kental, sekilas mirip sate Padang. Penampilan nasinya mirip nasi gandul khas pati, bedanya kalau di Rembang dialasi daun jati, sedangkan nasi gandul Pati dialasi daun pisang. Sedep banget rasanya, apalagi kalo “keceplus” cabe rawit terus minum teh panas, langsung kemringet.

Di Rembang aku nginep di hotel Kencana. Lokasinya strategis banget, di jalan raya antar provinsi pas di depan kantor Bupati Rembang, ke pantai Kartini tinggal jalan 10 menit. Tarif dan fasilitasnya lumayan baiklah untuk ukuran kabupaten, ada AC, TV, air panas, kulkas, sarapan, plus buah segar. Kurangnya cuma TV kabel & hotspot aja, malah di kamar mandinya ada dua showerjet dengan jejer di kiri kanan yang sama-sama berfungsi, mungkin yang kanan untuk laki-laki dan yang kiri untuk perempuan?

Nah kalau di Rembang jangan lupa nyari sirup buah Kawisto, buah khas Rembang dengan aroma yang segar. Cocok banget diminum siang hari dengan es batu.

4 komentar:

nothing mengatakan...

hehehe, wah sampeyan nang ndi wae...
klenter nang kali ndi???

lama tak jumpak mas...
piye kabare??

tante angga mengatakan...

wahhh
senengnya...
suka jalan-jalan yah?

shasays mengatakan...

Mau satenya. . . . . . :D

ndutyke mengatakan...

wah resensi hotel, makanan dan sirupnya boleh tuh... hehe..